25 Sep 2015

DP Mobil Turun, Kredit Mobil Kian Mudah


Melemahnya daya beli masyarakat be­lakangan ini membuat penjual­an mobil baru menurun. Beberapa agen pemegang merek melalui dealer resminya pun menggelontor berbagai program penjualan dan kepemilikan mobil hingga diskon harga besar untuk menggairahkan pa­sar. Namun hingga triwulan pertama tahun ini, penjualan mobil minus 15,36%.

Hal itu membuat pe­me­rintah perlu turun tangan untuk mengatasi hal ini. Melalui Otoritas jasa Keuangan (OJK), peme­rintah menerbitkan peraturan mengenai kebijakan penurunan uang muka (down payment/DP) hingga 15% yang berlaku mulai 30 juni 2015.

Kebijakan baru OJK mengenai uang muka pembiayaan kendaraan bermotor ini ditetapkan melalui 2 surat edaran OJK yaitu No. 19/SEOJK.05/2015 tentang besaran uang muka (down payment) pembiayaan ken­daraan bermotor bagi perusahaan pembiayaan dan No. 20/SEOJK.05/2015 tentang besaran uang muka (down payment/urbun) pem­biayaan kendaraan ber­motor untuk pembiayaan syariah.

Melalui paket peraturan tersebut, OJK menurunkan besar uang muka pembiayaan kendaraan bermotor bagi perusahaan pembiayaan, perusahaan pembiayaan syariah, dan unit usaha syariah (USS) perusahaan pembiayaan, mulai dari 5% hingga 10%.

Syaratnya, perusahaan pembiayaan harus memiliki pengelolaan risiko pembiayaan yang baik. Yaitu memiliki rasio aset produktif bermasalah (NPF) atau kredit macet atas piutang pembiayaan atau aset produktif kendaraan kurang dari 5%. Sementara untuk perusahaan pembiayaan dengan NPF lebih dari 5% dikenakan kebijakan uang muka 20% untuk konvensional dan 15% untuk syariah.

Tentu hal ini menjadi angin segar bagi konsumen yang ingin membeli mobil baru secara kredit tapi terbentur de­ngan aturan sebelumnya yang mewajibkan DP minimal 30%. Kini dalam menghitung besar uang muka, total pembayaran uang muka dihitung setelah dikurangi diskon dan potongan harga lainnya.

Selain itu, diatur pula bahwa pembayaran asuransi, pembayaran cicilan pertama, biaya administrasi dan pembayaran lainnya yang dibayarkan oleh konsumen tidak dihitung sebagai komponen dalam penghitungan uang muka.




DAMPAK KEBIJAKAN

Peraturan kebijakan dari OJK memang masih baru dan sosialisasi ke masyarakat pun belum klimaks. Tapi, jika dilihat dari nilai transaksi penjualan pada perhelatan pameran IIMS dan GIIAS pada 20-30 Agustus 2015 lalu yang mencapai Rp 6,838 triliun, sepertinya daya beli konsumen di sektor otomotif masih terbilang menjanjikan. Nah, apakah dengan nilai transaksi sebesar itu karena dampak uang muka diturunkan?

“Peraturan kebijakan penurunan DP dari OJK memang bertujuan untuk menggairahkan kembali pasar otomotif di Indonesia, tapi karena peraturan ini masih baru dan konsumen belum banyak yang tahu. Jadi imbasnya belum begitu signifikan,” ungkap Harjanto Tjitohardjojo, Marketing and Sales Director PT Mandiri Tunas Finance.

Sementara Niko Kurniawan, Deputy Director-Head of Retail Car PT Adira Finance mengungkap, “Niat pemerintah untuk memicu gairah penjualan kendaraan melalui OJK dengan menerbitkan peraturan kebijakan penurunan DP memang patut diapresiasi. Tapi yang harus diingat adalah pemerintah juga harus segera mengatasi kondisi ekonomi dan kembali menguatkan nilai rupiah terhadap dollar. Kenaikan di Adira Finance setelah peraturan dari OJK diterbitkan hanya 2 %”

Peraturan baru dari OJK memang disambut positif oleh perusahaan pembiayaan baik konvensional maupun syariah, tapi pengucuran pembiayaan kepada konsumen tentunya akan lebih selektif dilakukan oleh perusahaan pembiayaan melalui BI Checking. Tujuannya jelas, agar perusahaan pembiayaan bisa memenuhi syarat dari OJK yaitu rasio aset produktif bermasalah atau kredit macet tidak lebih dari 5%.


Sumber : www.autobild.co.id


Untuk informasi lebih terperinci silahkan menghubungi saya:

Senior Sales Executive
Mustafa Hadi
HP : 0853 7267 2000

TOYOTA PERINTIS PERKASA
JLN. GATOT SUBROTO 130 A-E MEDAN
(Sebelum Palladium, setelah bundaran SIB Carefour)

( Maaf, Harga Ratusan Juta, Tidak Menerima SMS Untuk Bertanya Discount ) 
Datang Ke Kekantor
JAMINAN HARGA TERMURAH dari semua dealer di kota Medan







Tentang Saya

Selamat Pagi Good People..!
Salam Sukses & Sejahtera bagi Anda

Website ini adalah merupakan website resmi pribadi Senior Sales Executive dealer resmi yang telah berpengalaman lebih dari 6 tahun di dunia otomotif khususnya produk TOYOTA .

Semua konten website adalah bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan diri senior sales executive kepada customer, tanpa ada tujuan untuk merubah sistem dan aturan pada perusahan Toyota Perintis Perkasa Medan.

PT. Toyota Perintis Perkasa beralamat di Jln. Gatot Subroto No. 130 A-E Medan. (Setelah Bundaran SIB Golden dan sebelum Mall Palladium). Toyota Perintis Perkasa merupakan main dealer Toyota dibawah naungan langsung Toyota Astra Motor Indonesia

Di Toyota Perintis Perkasa kami melayani penjualan mobil Toyota terbaru, Layanan tukar tambah, Servis berkala, Toyota Home Service (THS), Express Maintenance, Spooring / Balancing, Toyota Warranty Claim, Booking Service, Perawatan umum, dan lain sebagainya

* Terpercaya, Cekatan, Akurat
* Harga OTR dijamin lebih murah dari dealer tetangga
* Unit bisa diusahakan cepat dapat, segera panjar sekarang
* DP super murah
* Bunga Special
* Menerima tukar tambah segala merek mobil lama Anda
* Proses instan, cepat, dan dibantu
* Proses hitungan cepat
* Bonus Special ++
* Bonus Vocher BBM
* Souvenir Menarik
* Kredit 1-5 tahun
* Garansi servis 4 tahun / 50.000 km
* Garansi mesin 3 tahun / 100.000 km
* Garansi baterai 1 tahun/ 20.000 km
* Layanan Toyota Home Servis (THS)
* Diskon besar tanpa ada potongan 10% (PPh) seperti dealer tetangga
* Proses administrasi cepat dan rapi
* Melayani wilayah Sumut, NAD, dan Nias
* Melayani pinjaman dengan jaminan BPKB mobil
* Melayani pengurusan asuransi dan klaim asuransi untuk mobil baru dan lama
* Standby 24 Jam


Kesempatan Emas tidak datang 2x..
PROMO TERBATAS & BUKTIKAN SEKARANG JUGA..!!!

Info dan Pemesanan hubungi :

Mustava Toyota Perintis Perkasa Gatsu Medan
Senior Sales Executive
0853 7267 2000 (Call / SMS / WhatsApp)
0857 6261 6101

Fan Page Facebook : SalesToyotaMedan-Mustava





Dapatkan Info dan Promo Terbaru

Buku Tamu Customer